Categories
Digital Marketing, Sosial Media

Di era digital seperti sekarang, sosial media sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Sebab sosial media ini memberikan kemudahan dalam berkomunikasi hingga menyebarkan informasi dengan cepat dan mudah. Tidak heran jika sosial media juga berpengaruh besar dalam pembangunan bisnis. Seperti apa pentingnya sosial media untuk bisnis ? Yuk pahami.

Peran Penting Sosial Media untuk Bisnis

1. Media untuk Mengenal Pelanggan

Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka anda perlu mengenal mereka lebih jauh. Bagaimana caranya ? Sosial media dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenal pelanggan. Proses mengumpulkan data pelanggan bahkan bisa lebih cepat berkat adanya berbagai tools yang telah disediakan oleh sosial media.

Perangkat pendukung tersebut memungkinkan anda untuk mengetahui rentang usia pelanggan, jenis kelamin mereka, bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya. Contoh, tools pendukung seperti Facebook Insight yang bisa dimanfaatkan untuk mempelajari bahasa dominan yang digunakan antara para pengguna sosial media.

2. Dapat Memberikan Feedback Secara Langsung

Feedback dari konsumen merupakan hal penting bagi bisnis. Karena dari feedback yang bagus, anda bisa menggunakannya sebagai testimoni untuk menarik perhatian calon konsumen hingga memperoleh konsumen baru yang potensial. Sementara dari feedback yang negatif, anda bisa menggunakannya sebagai dasar evaluasi.

Pentingnya sosial media di sini yaitu dapat memudahkan perusahaan dalam menerima feedback secara langsung. Misalnya anda bisa menggunakan Fanpage pada Facebook. Di sana ada kolom komentar yang memungkinkan konsumen untuk memberikan saran atau kritik secara langsung. Jadi anda bisa melihat dengan jelas bagaimana respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis.

3. Meningkatkan Traffic Website

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sosial media merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan traffic website. Karena anda dapat menggunakannya untuk mengarahkan pelanggan ke website. Bahkan pencarian situs web bisa semakin tinggi seiring dengan semakin banyak share di media sosial yang diterima.

Bayangkan saja tiap orang yang mengikuti akun bisnis anda di sosial media melakukan retweet postingan. Jika demikian, maka ada kemungkinan situs web akan masuk peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian di mesin pencari Google. Jadi pastikan anda mengintegrasikan website jualan dengan sosial media supaya manfaat ini semakin optimal.

4. Membagikan Informasi Lebih Cepat

Saat anda meluncurkan produk baru, maka akan lebih mudah untuk membagikan informasi tersebut melalui sosial media. Karena informasi yang diberikan lewat sosial media biasanya dapat menyebar lebih cepat secara luas. Tidak seperti mesin pencari yang membutuhkan waktu berjam jam atau bahkan hitungan hari hingga minggu, sosial media dapat menampilkan konten anda secara real time.

Konten yang anda posting di sosial media akan langsung ditampilkan pada timeline pengikut anda. Sehingga pentingnya sosial media ini bisa memberikan informasi dengan cepat. Bukan hanya informasi mengenai produk baru, anda juga dapat membagikan berbagai informasi lainnya seperti info promo dan lain lain.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Membuat akun sosial media untuk bisnis dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan biaya yang minim. Saat anda berpromosi menggunakan sosial media, hampir tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan. Jika ingin memperoleh hasil lebih cepat, sosial media juga menawarkan iklan.

Dimana anda bisa menggunakan iklan seperti Instagram Ads atau Facebook Ads, supaya brand anda muncul pada timeline para pengguna meskipun mereka tidak mengikuti akun anda. Ini tentu akan sangat membantu, sebab membangun brand bukan hal yang mudah. Setidaknya dibutuhkan tenaga, proses, serta waktu yang tidak bisa dibilang singkat untuk itu.

Supaya meningkatkan brand awareness melalui sosial media berjalan optimal, pastikan anda membuat konten yang menarik. Tarik perhatian calon konsumen dengan foto yang berkualitas jika anda memposting foto. Jadi anda dapat meningkatkan brand awareness, bahkan tanpa menggunakan iklan berbayar sekalipun.

6. Membagikan Konten Geo Target

Pentingnya sosial media adalah memudahkan anda membagikan konten geo target. Ini adalah cara efektif untuk mengirimkan pesan ke audiens berdasarkan lokasi mereka. Sosial media seperti Twitter dan Facebook punya tool yang memungkinkan anda untuk melakukan ini.

Dimana anda bisa menargetkan pesan ke para pengikut yang berada di negara tertentu berdasarkan parameter geografis dan demografis. Anda juga dapat mengirim pesan dari halaman Facebook ke kelompok tertentu, hingga menggunakannya untuk menemukan percakapan yang relevan terhadap merek. Dengan begitu, maka konten anda bisa langsung tersampaikan pada target konsumen.

7. Melihat Persaingan Pasar

Melalui sosial media, anda juga bisa melihat bagaimana persaingan pasar yang ada. Karena di era digital seperti sekarang, hampir semua bisnis sudah mengandalkan media sosial untuk menjangkau dan berkomunikasi dengan konsumen. Jadi anda pun bisa menemukan kompetitor dan mengetahui kelebihan serta kekurangan mereka.

Ingat kata kata bijak Sun Tzu sang ahli perang ? Bunyinya yaitu ‘Kenali diri sendiri dan kenali pula musuh anda’. Persaingan bisnis ini sama seperti berperang, anda perlu mengenali kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran bisnis. Jadi coba perhatikan bagaimana cara kompetitor memasarkan produk dan seperti apa followers mereka.

Anda bisa membuat strategi dan rencana pemasaran dengan berbekal informasi tersebut. Bahkan pengembangan konten yang sesuai target juga menjadi lebih mudah dengan berdasarkan informasi ini. Untuk meningkatkan daya saing pasar, lakukan pula promo digital dengan membagikan referral code dan lain sebagainya.

8. Membina Relasi

Tidak hanya meningkatkan brand awareness dan penjualan perusahaan, pentingnya sosial media lebih dari itu. Sosial media ini bisa digunakan untuk membina relasi dengan pelanggan. Karena sosial media memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan saluran dua arah.

Dialog dua arah pada sosial media seperti itu tentu tidak bisa diperoleh dari iklan tradisional. Sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan pengalaman konsumen hingga membuat anda dapat memperoleh kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas adalah mereka yang berpotensi kembali untuk membeli produk atau menggunakan layanan, hingga menjadi pelanggan setia.

Tips Mengelola Sosial Media untuk Bisnis

Melihat pentingnya sosial media untuk bisnis, tentu mengelolanya lebih baik tidak dilakukan secara sembarangan. Akan lebih tepat jika perusahaan membentuk tim pengelola khusus yang bertugas promosi bisnis online, hingga membuat strategi komunikasi lewat media sosial.

Permanis bio media sosial untuk membuat calon pelanggan dan pengunjung baru tertarik lebih jauh terkait bisnis. Dan jangan lupa posting di waktu yang tepat untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui hal tersebut, karena biasanya engagement atau tren jangkauan yang tercipta bisa berbeda beda untuk setiap akun.

Apakah bisnis anda sudah menggunakan sosial media ? Jika belum, yuk buat akun bisnis anda sekarang dan mulailah mengelolanya dengan baik. Apabila dikelola dengan baik, maka sosial media bisa bermanfaat dalam meningkatkan brand awareness hingga penjualan. Anda bahkan bisa meningkatkan komunikasi dengan konsumen, yang memungkinkan bisnis mendapatkan banyak pelanggan setia.

Tinggalkan Balasan

Calendar

April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Kategori

Recent Comments