Categories
Digital Marketing, SEO

Sejak digital marketing diterapkan oleh berbagai bisnis, SEO menjadi hal yang tidak terpisahkan. SEO atau search engine optimization menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat penting untuk bisnis. Dimana SEO mampu mendorong website anda supaya muncul di hasil pencarian organik dan mendapat perhatian pelanggan. Lantas, apa itu SEO sebenarnya ? Yuk cari tahu.

Pengertian SEO

SEO memiliki kepanjangan search engine optimization. Secara sederhana, banyak orang mengartikan SEO sebagai langkah optimasi website agar berada di hasil teratas pencarian Google. Namun SEO sebenarnya tidak hanya digunakan pada Google saja, namun bisa untuk seluruh sistem mesin pencari. Hanya saja saat ini mesin pencari yang paling populer digunakan adalah Google.

SEO sendiri punya sejarah yang cukup panjang, diawali sejak dekade 1990-an ketika Yahoo sebagai mesin pencari pertama muncul. Itulah yang menjadi cikal bakal adanya SEO seperti yang kita kenal sekarang. Bahkan Google sudah menerapkan aturan supaya optimasi yang dilakukan dapat seimbang.

Harapan Google yaitu optimasi tidak disalahgunakan dengan cara yang aneh dan dilakukan secara bersih. Itulah mengapa kemudian muncul yang namanya algoritma Google. Bahkan sampai detik ini Google terus meng-update algoritmanya. Dimana strategi SEO yang dilakukan akan mengikuti algoritma tersebut, sehingga website bisa muncul di deretan atas pada mesin pencari.

Jadi, apa itu SEO ? SEO adalah praktik optimasi website agar visibilitasnya meningkatkan dan posisinya berada di atas dalam mesin pencarian. Dengan begitu, calon konsumen bisa menemukan situs web tersebut dengan lebih mudah saat mengetikkan kata kunci tertentu. Karena berfokus pada pencarian organik, maka SEO ini tidak berbayar.

Cara Kerja SEO

Untuk memahami lebih lanjut mengenai SEO, anda dapat mempelajari cara kerjanya. Dalam hal ini, Google mempunyai tool bernama web crawler yang berguna untuk mengumpulkan konten di internet dan menyimpannya hingga mengolahnya. Setelah itu ada proses indexing yang membutuhkan informasi dari web crawler.

Sehingga Google dapat mempelajari struktur website, kredibilitas setiap halaman website yang tersimpan, serta relevansi konten yang ada bagi kebutuhan audiens. Halaman website ini akan ditambahkan ke index pencarian, jadi Google akan mengambil website yang telah diindeks berdasarkan data tersebut ketika kata kunci diketikkan.

Sehingga hasil pencarian akan menampilkan website yang tersimpan di dalam index dengan urutan dari yang paling relevan. SEO di sini akan menentukan performa website di mesin pencari. Contohnya kesesuaian kata kunci yang menggunakan SEO membuat crawler dapat mengindeks konten lebih dalam, sehingga lebih besar kemungkinan website muncul di ranking atas pada mesin pencari.

Cara kerja apa itu SEO berbeda dengan SEM (search engine marketing), meskipun keduanya mirip. Karena SEM menggunakan traffic berbayar atau iklan agar website selalu muncul di halaman awal mesin pencari. Ini membuat hasil SEM bisa langsung terlihat. Berbeda dengan SEM, SEO dilakukan secara organik (alami) sehingga butuh konsistensi untuk melihat hasilnya.

Jenis Jenis SEO

1. SEO On Page

SEO on page dilakukan dengan mengoptimalkan website pada setiap halamannya untuk memaksimalkan konten. Tujuannya yaitu supaya konten tersebut bisa dengan mudah ditemukan oleh target pasar. Aspek yang dimaksimalkan mencakup judul konten, struktur konten, sebaran keyword, gambar konten, internal link, meta description, dan lain sebagainya.

Itulah kenapa anda perlu melakukan riset keyword hingga optimasi metadata dalam proses eksekusi metode SEO on page. Semakin relevan isi konten dengan kata kunci yang dibidik oleh bisnis, maka ranking website anda pun akan semakin meroket di mesin pencari. Jenis SEO ini paling mudah dilakukan, jadi pastikan anda menguasainya jika ingin menerapkan SEO sebagai strategi digital marketing.

2. SEO Off Page

Jika SEO on page dilakukan di dalam website itu sendiri, maka SEO off page adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar situs web. Tujuannya sama, yaitu untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari. Dengan SEO off page, maka Google dapat lebih memahami seberapa besar relevansi dan manfaat konten bagi audiens.

Hasil penerapan apa itu SEO off page akan memperbaiki ranking dan juga page authority. Yang mana cakupannya meliputi link building, social media marketing, hingga influencer outreach. Link building dilakukan dengan mendapatkan link dari website lain yang menuju ke website anda, sehingga dapat menaikkan kredibilitas situs.

Kemudian social media marketing dilakukan dengan membuat akun media sosial untuk membangun reputasi brand yang bagus. Anda juga bisa memposting konten terbaru dari website di sosial media untuk meningkatkan kredibilitas website. Sedangkan bekerjasama dengan influencer dipercaya dapat membawa pelanggan baru untuk bisnis.

3. Local SEO

Selain SEO on page dan off page, ada pula yang namanya local SEO. Ini merupakan strategi untuk meningkatkan visibilitas di search result lokal. Sehingga anda dapat mempromosikan brand maupun produk pada masyarakat sekitar. Contoh, ketika pengguna internet mengetikkan keyword ‘Petshop terdekat’.

Maka Google akan mengidentifikasi lokasi toko melalui alamat IP, kemudian menampilkan hasil pencarian berupa tiga petshop terbaik dengan snippet lokasi di Google Maps beserta ratingnya. Adapun cara menerapkan local SEO supaya bisnis anda muncul sebagai top 3 teratas yaitu anda perlu memperhatikan beberapa poin.

Pertama, profil GMB (Google My Business), karena peta yang ditunjukkan di search result lokal berasal dari sana. Jadi anda harus membuat akun dan memberikan data yang lengkap serta akurat. Data inilah yang nantinya mempengaruhi peringkat apa itu SEO local. Selain itu, Google juga mempertimbangkan ulasan pelanggan. Jadi jangan lupa minta para pelanggan setia untuk menulis review positif.

4. Technical SEO

Berikutnya ada technical SEO, cara optimasi terhadap aspek aspek teknis yang ada di website. Tujuannya yaitu supaya berbagai aspek tersebut bisa sesuai dengan algoritma mesin pencari, sehingga peluang untuk muncul di peringkat atas mesin pencari juga semakin besar.

Proses kerja technical SEO umumnya terus berkembang, mengingat bahwa cara kerja dan algoritma mesin pencari juga selalu berubah dari waktu ke waktu. Intinya di sini anda perlu meningkatkan user experience. Aspek yang hampir tidak pernah berubah yaitu kecepatan loading dan mobile friendly.

Karena banyak orang yang memilih untuk segera menutup tab apabila mendapati sebuah situs memiliki kecepatan loading yang lama. Begitu pula terkait mobile friendly, sebab banyak orang lebih memilih menggunakan smartphone untuk browsing ketimbang laptop atau PC. Selain dua hal tersebut, apa itu SEO technical juga bisa mencakup struktur website, navigasi, layout website, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian SEO, cara kerja, serta jenis jenisnya. Karena SEO merupakan strategi digital marketing yang penting untuk bisnis, maka anda sebagai pelaku usaha perlu mempelajarinya. Tidak perlu khawatir, saat ini juga sudah banyak jasa SEO yang dapat membantu mengoptimalkan website sehingga situs bisa muncul di halaman awal Google. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Calendar

April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Kategori

Recent Comments