Categories
Digital Marketing, Tips

Di era serba digital seperti sekarang, sangat penting bagi bisnis untuk melakukan digitalisasi supaya dapat terus bersaing. Salah satunya yaitu dengan menerapkan digital marketing atau kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media digital. Lebih lanjut, yuk simak apa itu digital marketing serta jenis dan manfaatnya untuk bisnis.

Pengertian Digital Marketing

Seperti yang telah disinggung di awal artikel, digital marketing merupakan kegiatan pemasaran bisnis yang dilakukan melalui media digital. Media yang digunakan inilah yang membedakan digital marketing dengan marketing konvensional. Karena dari segi isi atau kontennya sebenarnya tidak jauh berbeda.
Dimana digital marketing juga memasarkan produk berupa barang atau jasa dari bisnis tertentu. Hanya saja, media yang digunakan berbasis digital dan bisnis punya kesempatan lebih besar untuk berinteraksi langsung dengan calon konsumen melalui internet. Platform yang digunakan untuk mempromosikan produk bisa media sosial, website, hingga email.
Karena pengguna internet di dunia sudah lebih dari 5,3 miliar orang, tentu memasarkan produk melalui internet lebih ampuh dalam meningkatkan penjualan produk. Semakin banyak orang yang terhubung dengan internet, artinya kegiatan transaksi online pun juga bisa meningkat.
Jenis Digital Marketing

1. SEO (Search Engine Optimization)

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, anda juga perlu mengenal jenis jenisnya agar dapat menerapkannya pada bisnis. Yang pertama ada SEO atau search engine optimization, yang menjadi populer untuk meningkatkan traffic dan visibilitas situs web sejak awal tahun 2000-an.
SEO merupakan upaya agar situs web beserta kontennya dapat berada di halaman pertama pencarian Google. Apa tujuannya ? Tujuannya adalah supaya calon konsumen lebih mudah menemukan produk anda. Karena biasanya pengguna internet lebih memilih mengunjungi top 3 teratas dari hasil pencarian Google ketika mencari kata kunci tertentu.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Selain SEO, ada juga yang namanya SEM atau search engine marketing. Jenis digital marketing ini yaitu mengiklankan website di halaman mesin pencari. Biasanya website punya tanda iklan di bagian atasnya dan lebih pasti untuk menduduki halaman pertama Google. Itu karena SEM ini berbayar, sehingga hasilnya lebih instan daripada SEO.
Untuk menjalankan SEM, anda dapat menggunakan paid search, paid search advertising, atau pay per click. Cara ini bisa meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian Google atau yang dikenal dengan istilah SERP. Supaya SEM lebih optimal, anda perlu mengidentifikasi kata kunci yang dapat digunakan untuk membuat ad campaign.

3. Content Marketing

Apa itu digital marketing content ? Konten marketing merupakan jenis pemasaran memiliki fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten. Tujuannya yaitu untuk menarik perhatian calon konsumen, sehingga bisnis dapat mengubah mereka menjadi pelanggan potensial.
Pilihan content marketing ini ada banyak, mulai dari podcast, postingan blog, studi kasus, e-book, dan lain sebagainya. Namun pembuatan konten tidak boleh dilakukan secara asal. Dimana konten yang dibuat harus tetap relevan dengan bisnis. Misalnya anda menjual produk skincare, maka konten yang dibuat bisa membahas jenis skincare untuk kulit sensitif dan lain sebagainya yang masih berhubungan.

4. SMM (Social Media Marketing)

Sesuai dengan namanya, SMM atau social media marketing merupakan jenis digital marketing yang menggunakan platform media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Bisnis bisa membangun hubungan yang harmonis dengan para pelanggan setia apabila mampu memanfaatkan media sosial secara optimal.
Beberapa media sosial yang saat ini populer dan bisa anda manfaatkan untuk pemasaran di antaranya yaitu Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, hingga Threads. Media sosial tersebut memberikan pengaruh besar bagi bisnis, karena setiap media sosial saat ini punya pengguna aktif yang terus bertambah. Anda dapat berbagai informasi produk hingga mendengarkan keluhan pelanggan melalui berbagai platform ini.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing menjadi jenis digital marketing yang sangat populer sekarang. Apa itu digital marketing affiliate ? Dalam hal ini, perusahaan akan bermitra dengan pihak lain menggunakan sistem komisi. Jadi saat mitra afiliasi anda berhasil menjual produk melalui link tertentu, maka anda sebagai pemilik bisnis wajib untuk memberikan bayaran kepada mereka.
Sistem tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi pemilik bisnis, mereka dapat melakukan promosi dengan biaya minimal karena kegiatan promosi ditanggung sendiri oleh mitra afiliasi. Sementara mitra afiliasi akan mendapat untung dari komisi yang diperoleh atas setiap produk yang terjual melalui link mereka.

6. Email Marketing

Email marketing adalah pilihan yang tepat apabila anda ingin menjalankan taktik digital marketing yang lebih personal. Supaya metodenya ampuh, anda bisa menyapa pelanggan dengan nama mereka sendiri. Kirimkan berbagai info menarik terkait bisnis ke email mereka dan rekomendasikan konten yang sesuai minat.

7. PPC (Pay Per Click)

Penggunaan PPC atau pay per click lebih umum daripada SEM. Karena PPC tidak hanya muncul untuk mesin pencari Google Ads saja, tapi juga Instagram Ads atau Facebook Ads. Strategi marketing ini dilakukan dengan pemilik bisnis membayar untuk setiap iklan yang di-klik oleh audiens. Jadi semakin banyak klik, maka semakin banyak pula visitor website anda.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

1. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Dari pengertian apa itu digital marketing hingga jenis jenisnya, anda mungkin sudah mendapatkan gambaran mengenai manfaat digital marketing ini untuk bisnis. Ya, salah satu manfaat digital marketing adalah menjangkau audiens lebih luas. Daripada metode pemasaran biasa, pemasaran digital memungkinkan bisnis terhubung dengan orang orang di seluruh dunia.
Itu karena pengguna internet saat ini jumlahnya sangat banyak. Bahkan setiap orang bisa memiliki lebih dari satu akun media sosial. Sehingga fenomena tersebut memberi kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau pasar baru, yang mungkin sebelumnya tidak dapat dijangkau dengan pemasaran konvensional.

2. Kemudahan Evaluasi

Teknik pemasaran digital juga menawarkan kelebihan berupa kemudahan evaluasi. Dimana hasil dari kegiatan marketing dapat langsung diketahui. Seperti berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, berapa banyak orang yang melihat produk, atau berapa lama produk anda ditonton. Dengan begitu, anda bisa mengevaluasinya dan membuat iklan lebih menarik ke depannya.

3. Hemat Biaya

Manfaat lainnya dari apa itu digital marketing yaitu hemat biaya. Bisnis kecil dan pemula yang tidak mempunyai anggaran besar untuk promosi, bahkan dapat memanfaatkan digital marketing dengan leluasa. Itu karena sudah banyak agency yang bisa bantu menjalankan kampanye digital marketing. Biaya untuk menggunakan layanannya pun tidak semahal jika bisnis merekrut sendiri karyawan untuk pemasarannya.

4. Branding dan Membangun Reputasi

Dengan membuat beberapa akun media sosial yang desainnya dapat mencerminkan tema bisnis, anda pun dapat melakukan branding hingga membangun reputasi. Sehingga bisnis anda nantinya bisa lebih menonjol di antara bisnis lainnya yang serupa. Manfaatkan gambar, logo, foto profil, dan lainnya untuk memasarkan merek.

Jadi, sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan digital marketing ? Promosi bisnis yang dilakukan melalui media internet ini punya banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Jenisnya pun beragam, jadi bisa anda terapkan dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan bisnis. Anda juga dapat mengombinasikan beberapa jenis digital marketing sekaligus untuk menarik perhatian calon konsumen.

Tinggalkan Balasan

Calendar

April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Kategori

Recent Comments